Pembudidayaan Ikan Mas Hias atau Komet

January 20th, 2011 by irvansusanto Leave a reply »

Dalam dunia perternakan ikan hias terkadang banyak orang awam yang tidak begitu mengerti cara pembudidayaan yang mudah bagi orang-orang yang memiliki ikan mas atau nama lainnya ikan komet. Jenis ikan mas atau komet sebenarnya memiliki kesamaan dengan ikan mas untuk konsumsi dan memiliki species yang sama dengan ikan mas koki yang memiliki postur tubuh gendut dan pendek.

Cara pembudidayaan yang akan dipaparkan dibawah ini dapat membantu para pemilik ikan hias berjenis seperti yang diatas dapat di kembangbiakkan dengan mudah dengan media yang sederhana.

Berikut adalah tuntunan pembudidayaan ikan mas atau komet :

  1. Langkah awal yang harus dilakukan iyalah membedakan indukan ikan mas berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, cukup mudah ikan mas berjenis kelamin laki-laki memiliki postur tubuh yang agak kurus dan panjang, sedangkan yang perempuan memiliki postur tubuh yang besar dan agak pendek berserta gemuk.
  2. Ikan mas yang sudah siap di kawinkan iya lah ikan mas yang sering sekali saling berenang secara membuntut-buntut, yaitu si ikan laki-laki akan membuntuti si ikan perempuan. Langkah kedua iyalah memisahkan sepasang ikan yang sering melakukan kegiatan yang dijelaskan diatas ke dalam wadah yang cukup besar, seperti bak tau kolam, dengan catatan tidak ada ikan lain yang tinggal dalam satu kolam, lalu kolam tersebut berikan tumbuhan air, sebagai contoh eceng gondok. Biarkan dalam beberapa malam hingga si ikan akan membuahi telur’y di akar-akar eceng gondok tersebut.
  3. Langkah berikutnya yaitu pindahkan kedua induk yang telah membuahi telurnya. Lalu biarkan telur tersebut sampai menetas, biasanya menetas dalam tempo 3 hari.
  4. Apabila sudah menetas, biarkan 1 hari benih ikan tersebut tidak makan karena masih dalam proses penyegaran tubuh si benih, lalu hari berikutnya berikan makanan merah telur rebus untuk 2 hari kedepan, tapi ingat di berikan secukupnya karena dapat merusak kualitas air, setelah hari ketiga beri pakan kutu air
  5. Lalukan hal tersebut hingga cukup besar, lalu mengganti jenis pakannya dengan pelet ikan apabila sudah cukup mampu memakan pelet ikan tersebut.

Demikianlahcara pembudidayaan ikan mas secara sederhana sehingga dapat di lakukan di rumah masing-masing yang memiliki ikan mas sebagai ikan hias di rumah.

Advertisement

Leave a Reply