Tradisi Prosesi Pemakaman Orang Cibeng (Cina Benteng)

January 19th, 2011 by irvansusanto Leave a reply »

Cibeng adalah sebutan untuk orang-orang keturunan negara Chinna tempo dulu yang sudah mendarah daging tinggal di kawasan tangerang. Cibeng dikenal memiliki tradisi yang masih kenal dan memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap para leluhur mereka yang sudah meninggal dunia, dimana dengan melakukan prosesi yang cukup panjang hingga sampai tiga tahun meninggalnya sanak saudara mereka, cibeng masih tetap memegang tradisinya hingga selesai.

Demikian sedikit penjelasan dari prosesi pemakaman Orang Cibeng :

1. 3 hari meninggal

Sebutan ini dimana saat ada orang Cibeng meninggal dan di hari kedua malam akan di lakukan prosesi persembayang yang di sebut 3 hari meninggal

2.Jit box, atau masuk Peti jenasah

Sebutan ini untuk jenasah yang dimasukkan kedalam peti jenasah

3. Proses pemakaman

Proses ini tetap seperti layaknya orang meninggal, namun ada sebagian warga Cibeng yang telah sepakat dalam keluarga untuk melakukan kremasi / pemabakaran terhadap jenasah sanak saudara meraka.

4. Malam 3 hari

Malam dimana di lakukan ritual persembayangan 3 hari setelah meninggalnya sanak saudara mereka.

5. Malam 7 hari

Malam dimana di lakukan ritual persembayangan 7 hari setelah meninggalnya sanak saudara mereka. Dan membakar rumah-rumah, serta harta benda yang terbuat dari kertas, sebagai simbol untuk si arwah almarhum dapat menikmati di alam sana.

Prosesi yang dilakukan cukup unik sehingga kadang prosesi tersebut cukup merepotkan dan mulai di tinggal kan oleh orang-orang yang sudah tiadk mau pusing dalam menjalankan ritual tersebut.

Advertisement

Leave a Reply